MULTIPLE MIND MAPPING SEBAGAI STRATEGI MEMBACA REFERENSI PADA PENULISAN KAJIAN PUSTAKA PROGRAM SKRIPSI IKIP PGRI MADIUN 

Penelitian ini  untuk  mengetahui:  (1)  Mengetahui proses implementasi Multiple Mind Mapping  sebagai strategi membaca referensi pada penulisan kajian pustaka Program Skripsi IKIP PGRI Madiun (2) Mengetahui dampak positif dari implementasi Multiple Mind Mapping sebagai strategi membaca referensi pada penulisan kajian pustaka Program Skripsi IKIP PGRI Madiun pada hasil tulisan mahasiswa (3) Mengetahui kelemahan dari implementasi Multiple Mind Mapping sebagai strategi membaca referensi pada penulisan kajian pustaka Program Skripsi IKIP PGRI Madiun. Multiple mind mapping   adalah salah satu strategi dalam membaca yang memiliki tahap pelaksanaan terstruktur berupa pengajuan pertanyaan untuk memudahkan mahasiswa membaca dan memahami bermacam teks yang didasari oleh panggambaran isi  bacaan serta  digabungkan ke  dalam satu penjelasan yang  dapat mereka  terangkan  pada  strategi ini penerapannya dilakukan sebagai alat untuk menggabungkan berbagai sumber  bacaan yang sedang dipelajari.

Tahapan bantuan yang diterapkan adalah dengan memberikan isian mengenai laporan kegiatan membaca yang wajib dilakukan  minimal  3hari dalam seminggu dalam bentuk pertemuan bimbingan, dengan memasukan unsur-unsur dalam bacaan ke dalam  bentuk peta pikiran. Setiap bacaan yang dimasukan ke dalam laporan harus diawali oleh rangkaian  pertanyaan yang sudah  dirangkaikan untuk mereka  karena belum terbiasa dengan DBQ Strategy. Dalam setiap minggunya  mereka  menyatukan bacaan-bacaan harian tersebut ke dalam bentuk multiple mind mapping yang diberikan dosen pada aktifitas membaca, konsultasi terhadap kesulitan-kesulitan yang dihadapi, serta pembuatan catatan terminologi dan penelusuran sejarah dan konteks bacaan hingga memudahkan mahasiswa dalam menuliskan ide-ide gabungan tadi dalam tulisan yang sistematis dan komprehensif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini  menggunakan tiga  pendekatan, yaitu:  observasi, wawancara  mendalam, dokumentasi untuk mengetahui kemampuan  membaca siswa. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan  kesimpulan atau verifikasi. Penelitian ini bersifat kualitatif  analitik yang  berarti menguraikan analisa secara menyeluruh dan cermat mengenai implementasi multiple mind mapping sebagai strategi membaca referensi dalam penulisan kajian pustaka.