PENGEMBANGAN E-PORTOFOLIO MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN METOKOGNITIF DAN PEMAHAMAN KONSEP PADA MAHASISWA BERKEMAMPUAN AKADEMIK BERBEDA DI PERKULIAN BIOLOGI SEL. 

Proses pembelajaran yang dilakukan pada dasarnya bertujuan memberikan pengalaman belajar sehingga perserta didik mampu mencapat tujuan pembelajaran, yang dapat dilakukan dengan mengukur kemampuan komptensi melalui berbagai komponen penilian. Salah satu penilaian yang sekaligus mampu meningkatkan  kemampuan perserta didik adalah asesmen portifolio yang seiring kemajuan teknologi dapat dikembangkan menjadi electronic portofolio (e-portofolio) . Hasil penelitian Meyer, et al (2010) dan Cheng Chang (2009) menunjukkan penggunaan e-portofolio mampu meningkatkan kemampuan kognitif dan mencapat kompetensi dasar yang ditetpkan sekaligus mampu meningkatkan level motivasi mahasiswa.

Meningkatkan komptensi perserta perlu diimbangi dosen yang harus dimiliki yaitu kompetensi dosen yang harus dimiliki yaitu komptensi pedogigik, kepribadian, social, dan professional. Pengembagnan profesionalitas dosen perlu terus dilakukan salah satunya melalui penerapan lesson study (LS) dengan tahapan plan, do dan see yang mernutu Oni dan Ferreira (2010) akan meningkatkan professional dosen apabila dilaksankan terncana dan terus menerus.

Penelitian Hibah Doktor dengan judul Pengembangan Elektronik Portofolio Berbabasi Study untuk Meningkatkan Profesionalisme Dosen dalam Proses Perkuliahan du Prodi Pendidikan Biologi IKIP PGRI Madiun ini merupakan bagian dari penelitian disertai doctor yang sedang dikerjakan peneliti. Fokus penelitian disertai yang dilakukan berjudul Pengembangan E-Portofolio Melalui Lesson Study untuk meningkatkan Kemampuan Metokognitif dan Pemahaman Konsep pada Mahasiswa Berkemampuan Akademik Berbeda Di Perkulian Biologi Sel.

Tujuan khusus penelitian ini adalah mengembangkan asesmen alternative berbasi IT dengan bentuk elektronik portofolio yang diterapkan pada perkuliahan Biologi Sel. E-Portofolio sekaligus dapat dipergunakan sebagai feed back untuk mengembangkan dan meneingkatn profesionalisme dosen, khususnya dalam pendidikan dan pengajaran. Penelitian ini penting dilakukan mewujudkan asesmen yang berorientasi proses sekaligus berbasis IT dan bersifat transparan shingga mampu meningkatkan profesionalisme dosen melalui LS. Analisa data dilakuka secara deskriptif terhadap kegiatan pengembangan e-portofolio dan penginkatan profesinalisme berbasis lesson study.