Untitled Document

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

SALAM MAHASISWA ! ! !

A. Dasar

1. Undang – Undang Dasar 1945.
2. Undang – Undang Sistem Pendidikan Nasional
3. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Perguruan Tinggi.
4. Keputusan Mendikbud Nomor 155/U/1998 tentang Pedoman Umum Organisasi Kemahasiswaan di Perguruan Tinggi.

B. Visi

Visi dari BEM adalah Membangun manajemen organisasi mahasiswa yang aspiratif, dinamis dan berwawasan imtaq dan iptek.
Aspiratif mengadung arti bahwa BEM sebagai salah satu organisasi wakil mahasiswa, harus mampu menampung dan mengakomodasi aspirasi dari mahasiswa sehingga dapat diperoleh hal – hal yang positif demi kemajuan IKIP PGRI MADIUN.
Dinamis mengadung arti bahwa BEM sebagai organisasi mahasiswa yang tidak statis, selalu bergeran dan berperan aktif pada kegiatan kemahasiswaan sebagai wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Berwawasan IMTAQ dan IPTEK mengadung arti bahwa BEM sebagai organisasi mahasiswa dalam melakukan kegiatan selalu berorientasi pada wawasan IMTAQ dan IPTEK.

C. Misi

1. Mengembangkan organisasi yang relegius dan intelektual.
2. Menjalin solidaritas dan sinergi civitas akademika IKIP PGRI Madiun.
3. Mengoptimalkan produktifitas kinerja organisasi mahasiswa.
4. Menyelenggarakan program kerja yang berbasis minat dan bakat mahasiswa.
5. Menjalin kerja sama dengan berbagai pihak baik intern maupun ekstern.
6. Menumbuhkan budaya ilmiah yang berbasis IPTEK bagi mahasiswa.

Dari visi – misi tersebut, diharapakan dapat membentuk mahasiswa yang selalu berperan aktif dan memiliki karakter. Tentunya karakter seorang pendidik yang bisa menyeimbangkan dan juga memanfaatkan soft skill dan hard skill yang dimilik berdasarkan wawasan IMTAQ dan IPTEK.

Kabinet BEM periode 2012/2013 adalah Kabinet “Republik”. Sama halnya dengan bentuk pemerintahan di Negara kita, yang dipimpin oleh seorang presiden. Dalam hal ini mempunyai makna bahwa Badan Eksekutif Mahasiswa dalam melaksanakan tugasnya menerapkan sistem dari, oleh dan untuk mahasiswa, dan mempunyai keanggotan yang terdiri dari berbagai program studi yang ada, serta memiliki satu tujuan yang sama dalam mewujudkan cita – cita bersama demi kemajuan dan eksistensi IKIP PGRI Madiun.

D. Motto

Motto dari Badan Eksekutif Mahasiswa periode 2012/2013 adalah Khatulistiwa (Kreatif, Harmonis, Aspiratif, Ulet, Solidaritas, Intelektual, Berwawasan).

E. Departemen

Dalam kabinet “Republik” terdapat 9 departemen yang bekerja dibidangnya masing – masing. Adapun 9 departemen tersebut adalah :

Departemen Kesekretariatan
Departemen kesekretariatan bertugas untuk mengurusi semua administrasi organisasi baik surat menyurat, inventarisasi maupun segala sesuatu yang berkaitan dengan prosedur dalam administrasi.

Departemen Keuangan
Departemen keuangan bertanggungjawab terhadap keuangan BEM baik pengelolaan dan penggunaan dana alokasi BEM sehingga dapat sesuai dengan apa yang telah diprogramkan. Pengelolaan keuangan BEM dilaksanakan secara transparan dan relevan.

Departemen Agama
Departemen agama bertugas untuk menjalankan program kerja yang berkaitan dengan peningkatan IMTAQ dan budaya religi di lingkungan kampus. Departemen agama dalam kinerjanya dapat bekerja sama dengan unit kerohanian lain. Kegiatan dari departemen agama antara lain, seminar keagamaan, pengajian, festival religi, PHBI, tafakur alam, pelatihan keagamaan dan lain sebagainya.

Departemen Dalam Institusi
Departemen dalam institusi adalah departemen yang bertugas menampung aspirasi mahasiswa di dalam kampus, peduli dengan keadaan di dalam kampus, tanggapan terhadap isu – isu yang beredar di dalam kampus, serta merupakan pemersatu organisasi – organisasi yang ada di kampus. Kegiatan dari departemen dalam institusi antara lain kongres mahasiswa, dialog interaktif bersama rektorat, PHBN dan lain – lain.

Departemen Luar Institusi
Departemen luar institusi bertugas untuk agenda – agenda di luar kampus, yang bertujuan untuk memperluas jaringan BEM dan membawa nama harum almamater di lingkup yang lebih luas. Kegiatan dari departemen luar institusi adalah seminar internasional, studi banding, bakti sosial, pelatihan jurnalistik dan lain sebagainya.

Departemen Riset, Teknologi dan Komunikasi ( RISTEK )
Departemen ristek, teknologi dan komunikasi bertugas untuk menumbuhkan budaya akademis dan ilmiah di lingkungan kampus serta untuk mewujudkan Tri Dharma perguruaan tinggi. Kegiatan dari departemen ini antara lain seminar teknologi, optimalisasi web, workshop, pembuatan movie HMPS dan UKM.

Departemen Pengembangan Sumber Daya Manusia ( PSDM )
Departemen pengembangan sumber daya manusia berugas untuk menjalankan kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan SDM yang mencakup soft skill dan hard skill yang mengarah pada pembentukan pribadi yang professional dan berkompeten. Kegiatan dari departemen PSDM antara lain traning organisasi BEM, traning organisasi bersama seluruh orgamawa, diskusi, bedah buku dan lain sebagainya.

Departemen Seni dan Budaya
Departemen seni dan budaya bertugas dalam kegiatan yang berhubungan dengan peningkatan minat dan bakat mahasiswa dalam bidang seni, serta menumbuhkan jiwa inovatif dan kreatif. Kegiatan departemen ini antara lain festival musik, pengelolaan band kampus, optimalisasi mading, malam puncak inagurasi dies natalis serta kegiatan lainnya.

Departemen Olahraga
Departemen olahraga bertugas untuk kegiatan yang berhubungan dengan kesegaran jasmani dan peningkatan kualitas mahasiswa di bidang olah raga. Departemen olahraga mempunyai sub kerja yang meliputi ekstra sepakbola dan ekstra bola volly. Kegiatan dari departemen olahraga antara lain liga mahasiswa, copa mahasiswa, liga bola volly, kompetisi olahraga, pertandingan persahabatan dan lain – lain.

Susunan Kabinet BEM “CAKRAWALA”

Pelindung : Rektor IKIP PGRI Madiun
Penasehat : Wakil Rektor III
Presiden : Lukmanul Hakim Agil Riyani
Wakil Presiden : Ari Nur Widiyanto

Departemen Kesekretariatan
Menteri : Juwita Mawati
Staf : Nur Afifah, Riska Cahyati

Departemen Keuangan
Menteri : Nur Fitriani
Staf : Siti Mariyam, Mar Atush Shofiyah

Departemen Agama
Menteri : Luthfiaturrohman
Staff : Choirul Imroatin, Palupi Kesumo Bekti, Redika Nur Harlianto

Departemen Dalam Institusi
Menteri : Endang Suparningsih
Staff : Indhira Nur Harwanti, Ibnu Anggri Prabantara, Erwin Nafsi M
:
Departemen Luar Institusi
Menteri : Intan Di Lestari
Staff : Oktaviani Hermina, Try Indah Susilowati, Tri Utami

Departemen PSDM
Menteri : Etin Rubiarti
Staff : Wisnu Prabowo, Ika Wahyu T, Andikya August S, Andr Dwi J

Departemen Olahraga
Menteri : Jumali
Staff : Andi Ikhsan, Ainur Rosikin, Melisa Nur A, Ayu Uswatul

Departemen Seni dan Budaya
Menteri : Yuli Purbaningrum
Staff : Indera Catur K, Rhesi Gabriela G., Army Al Islami A.P

Departemen Riset, Teknologi dan Komunikasi
Menteri : Muhammad Fauzi
Staff : Ahmad Furqon Muzaky, Joni Akhmad Y., Zayina Adi K.


kembali ke menu UKM