Casing Tempat Duduk IPhone Ex-Inter Diblokir, Hanya Smartfren Atau “IMEI Unlock” Yang Dapat Digunakan

Banyak pengguna iPhone di Indonesia yang mengeluhkan ponselnya tiba-tiba hilang sinyal alias ‘No Service’. Beberapa pengguna yang mengalami masalah kehilangan sinyal adalah mantan pemilik iPhone atau pengguna iPhone di luar negeri yang masuk ke Indonesia. Jadi apa yang sebenarnya terjadi?

Muncul spekulasi penyebab hilangnya sinyal iPhone sebelumnya karena nomor IMEI (International Mobile Equipment Identity) tidak terdaftar di database Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Menurut Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2020, perangkat komunikasi termasuk iPhone yang IMEI-nya tidak terdaftar di database pemerintah akan dibatasi untuk mengakses jaringan seluler oleh operator seluler.

Selah adalah mantan pengguna iPhone yang mengalami kehilangan sinyal. Wanita Suleiman, yang menggunakan model iPhone 11 yang sangat populer, mengatakan ponselnya tiba-tiba kehilangan sinyal saat bermain game.

“Tiba-tiba blokir. Biasa main mobile. Tiba-tiba jaringan hilang. Tidak ada layanan,” kata Sela yang kami kutip dari vaksinpolresmalangkota.id.

Seorang mantan pengguna iPhone bernama Fitri memiliki pengalaman yang sama. Pengguna versi sebelumnya di dalam iPhone XR (128) mengalami pemblokiran sinyal pada 12 September 2022.

Seorang pengguna iPhone lawas asal Jakarta berinisial GL juga menghadapi masalah yang sama. GL, yang memiliki iPhone XS Max versi internal sebelumnya, mengatakan sinyal mulai menghilang setelah tiga bulan membeli ponsel tersebut.

Hapus iPhone bekas inter kena IMEI

Bagus Hernawan, pengamat perangkat Apple di situs MakeMac, mengatakan pengguna iPhone di Indonesia, khususnya mantan pengguna, saat ini masih terpengaruh oleh “IMEI cleansing” atau pemutihan IMEI.

Awalnya, pengguna iPhone sebelumnya tidak mengalami masalah termasuk masalah jaringan operator. Namun, ada beberapa pengguna yang mengalami kehilangan sinyal setelah terkena IMEI Cleansing.

“Saat pertama kali membeli iPhone, awalnya baik-baik saja, dan saya bisa menggunakan kartu SIM apa pun dari operator Indonesia,” jelas Bagus.

Komentar Bagus diperkuat dengan penemuan Techno di pusat perbelanjaan online di Jakarta Selatan. Reseller iPhone bekas memberi tahu saya bahwa banyak iPhone lama kehilangan sinyal karena penghapusan IMEI.

Store A (nama samaran) mengatakan, “Telah ada ‘pembersihan IMEI’ dalam beberapa bulan terakhir, dan beberapa perangkat yang kami jual terpengaruh dan beberapa tidak.”

Selain poin A, poin B juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, banyak pengguna iPhone sebelumnya yang mengeluhkan pemblokiran sinyal.

Baca Juga  3 Tren Smartphone Yang Dicari Pengguna Di Tahun 2023

Toko B (nama samaran) mengatakan, “Sepertinya pemerintah sudah mulai gencar memutihkan IMEI.

iPhone lama tanpa akses sinyal dengan tulisan /Zulfikar Hardiansyah No Service.

Hanya Smartfriend Card yang bisa digunakan

Beberapa mantan pengguna iPhone telah memberi tahu kami bahwa mereka menghubungi penjual setelah perangkat mereka tidak dapat terhubung ke jaringan operator mereka. Disarankan juga untuk menggunakan kartu dari provider Smartfren di iPhone internal agar bisa terkoneksi ke jaringan.

Fitri yang mencoba saran tersebut memastikan dengan mengalihkan kartu ke Smartfren agar bisa terhubung kembali dengan iPhone XR lama.

“Ya, tanya penjualnya langsung. Saya berbicara dengan pemilik toko dan dia mengatakan ada kesalahan pada server dan menyuruh saya menunggu. Dia disarankan untuk menggunakan Smartfren, jadi saya menggunakan e-SIM Smartfren sampai sekarang.” kata Vitry pada Jumat (25/11) saat dihubungi www.formas.co.id.

Hal yang sama terjadi pada Scylla. Saat service worker memasukkan SIM Smartfren ke perangkat eks inter iPhone 11, perangkat terhubung kembali.

GL mengatakan hal yang sama. Semua dealer iPhone XS Max yang saya gunakan saat ini menyarankan saya untuk mengganti kartu ke Smartfren.

Percobaan oleh Fitri, Sela, dan GL berharga $3 untuk informasi yang diterima oleh Bagus. Ia mengatakan, banyak mantan pengguna iPhone yang hanya bisa menggunakan kartu Smartfren.

“Beberapa bulan kemudian iPhone saya (bekas inter) tiba-tiba dapat IMEI Cleansing dan sekarang hanya tersedia Smartfren” jelas Bagus.

Jade tidak tahu mengapa iPhone yang diblokir IMEI bisa menggunakan kartu seluler Smartfren. Ia yakin ini mungkin ada kaitannya dengan frekuensi atau teknologi eSIM yang digunakan Smartfren.

Kemunculan iPhone “Smartfren Only “

Maraknya iPhone lawas yang hanya bisa terkoneksi ke jaringan Smartfren mengakibatkan stiker iPhone “khusus Smartfren” dari vendor.

Toko A

Penjual di Toko B mengatakan hal yang sama. Toko A dan Toko B tidak tahu pasti mengapa iPhone “internal lama” yang mereka jual hanya menggunakan jaringan Smartfren. Namun, mereka mengantisipasi teknologi yang digunakan Smartfren mungkin berbeda dengan operator seluler lainnya.

/Zulfikar Hardiansyah Penampakan iPhone Eks Inter yang sinyalnya diblokir dan hanya kartu Smartfren yang bisa mengakses jaringan seluler.

Baca Juga  Qualcomm Resmi Mengumumkan Chipset Snapdragon 8 Gen 2 Di Hawaii

Smartfren memblokir iPhone BM

Smartfren berbicara tentang hasil iPhone internal lama yang hanya dapat terhubung ke jaringannya sendiri. Kepala Humas Smatfren, Ciba Gangga, mengatakan pihaknya tidak pernah terlibat dalam black market (BM) atau praktik penjualan ilegal iPhone ilegal (iPhone bekas antar yang tidak membayar pajak) baik secara langsung maupun bundle. .

Smartfren juga menegaskan untuk selalu mematuhi kebijakan pemerintah yang berlaku saat berbisnis di Indonesia, khususnya terkait kebijakan pemblokiran jaringan untuk perangkat HKT (ponsel, komputer, dan tablet) yang berlaku mulai tahun 2020.

“Kebijakan pemerintah untuk memblokir jaringan perangkat HKT yang masuk ke Indonesia secara ilegal telah efektif diberlakukan sejak tahun 2020. Smartfren selalu mematuhi kebijakan ini dan telah melarang semua perangkat HKT yang IMEI-nya tidak terdaftar di database Kementerian Perindustrian.” ujar dalam pesan tertulis yang dikirim ke Techno Smartfren.

“Kami yakin Smartfren tidak akan mentolerir pihak yang melanggar hukum dengan memperdagangkan barang ilegal,” tambah Smartfren. Ciba juga mengatakan bahwa Smartfren bekerja sama dengan platform marketplace untuk menemukan iPhone yang dijual dengan label “Smartfren Only”.

Ciba mengatakan Smartfren tidak pernah berkolaborasi, menyerap, atau meluncurkan bundel atau kolaborasi apa pun dengan penjual individu atau organisasi yang memberi label iPhone ilegal sebagai “Hanya Smartfren”.

“Jelas juga semua iPhone ini dilarang sesuai aturan hukum yang berlaku di Indonesia,” kata Shiva

Smartfren mengatakan, partai politiknya akan terus berupaya menertibkan berbagai pihak yang sengaja menyalahgunakan produk Smartfren untuk kegiatan ilegal atau melanggar aturan yang berlaku di Indonesia.

Menyediakan layanan buka kunci IMEI

Selain ditawarkan untuk menggunakan kartu Smartfren, merchant juga menawarkan layanan “IMEI Unlock”, disebut juga dengan “IMEI Unlock” atau “IMEI Unlock”.

Layanan “IMEI Unlock” menjanjikan iPhone lama Anda yang diblokir karena tidak terdaftar di database Kemenperin, tetap bisa mengakses sinyal operator yang digunakan sebelumnya.

Layanan ini disediakan oleh pelapak hingga peluncuran pasar. Menurut pantauan harianpapuanews.id pada akhir November 2022, layanan unlock IMEI atau aktivasi IMEI untuk iPhone palsu ini mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 900.000.

/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi nomor IMEI iPhone palsu tidak terdaftar di database Kementerian Perindustrian.

Baca Juga  5 Cara Mudah Verifikasi Nomor Telkomsel Secara Akurat

Pemerintah mengklaim telah membatalkan layanan buka kunci IMEI.

Terkait munculnya layanan unlock IMEI, pemerintah tidak akan tinggal diam. Dinas Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) juga mengakui terus memerangi praktik layanan unlocking dan aktivasi IMEI palsu di Indonesia.

“Kami telah menghapus layanan buka kunci IMEI dari pasar.

Mouladi mengatakan, fenomena ponsel ilegal, termasuk iPhone, sudah lama menjadi perhatian Kementerian Perindustrian dan Komunikasi.

“Kami sedang melakukan penyelidikan mendalam untuk menemukan kerentanan yang memungkinkan pengoperasian telepon seluler ilegal,” kata Mouladi.

Ia melanjutkan, dalam beberapa kasus smartphone ilegal, sebagian telah teridentifikasi dan ditangani oleh penegak hukum untuk ditindaklanjuti.

IPhone eks inter lebih populer karena lebih murah

Terlepas dari masalah kehilangan sinyal, sebenarnya iPhone bekas sangat diminati karena harganya lebih murah daripada iPhone bekas resmi seperti iBox atau Digimap.

Vetri menyebut selisih harga iPhone versi sebelumnya dengan versi resmi bisa mencapai Rp 700.000 hingga Rp 1 juta. GL mengakui hal yang sama. Didorong oleh biaya, dia membeli iPhone XS Max internal sebelumnya.

GL menjelaskan kepada, Kamis (24/11/2022) “karena tidak ada biaya yang terjangkau untuk ponsel ini dan iPhone iBox sebelumnya”.

Ridlo, penjual iPhone bekas resmi di Yogyakarta, mengatakan selisih harga iPhone bekas dengan iPhone bekas resmi bisa mencapai Rp 2 juta tergantung modelnya.

“Harga iPhone jeoninter sama dengan harga banderol, dan kalau ada selisih ada selisih Rp 2 juta kalau HP high end lebih dari Rp 10 juta seperti iPhone 12 dan seri iPhone13. Untuk harga Rp 10 jutaan seperti iPhone 11 dan iPhone XR selisihnya Rp 1 jutaan.

Menurut Ridlo, iPhone lama mungkin harganya lebih murah daripada iPhone yang didistribusikan oleh iBox. Pasalnya, produk tersebut masuk ke Indonesia secara ilegal tanpa membayar pajak.

Meski diperkenalkan secara ilegal, menurut Ridlo, faktor harga yang lebih murah membuat pengguna lebih memilih membeli iPhone lawas ketimbang iPhone resmi yang membayar pajak dan IMEI-nya terdaftar di database pemerintah.

Ridlow berkata, “Saya orang yang pelit. Terkadang perbedaan satu juta rupee benar-benar penting. Jadi saya membawa [iPhone ex-inter] bersama saya.”