Kolaborasi Adalah Kunci Bagi Bisnis Untuk Mengembangkan Ekosistem Bisnis Mereka

Kolaborasi Adalah Kunci Bagi Bisnis Untuk Mengembangkan Ekosistem Bisnis Mereka

Di era persaingan bisnis, para pelaku bisnis berlomba-lomba menciptakan nilai lebih bagi konsumen. Dari sektor transportasi, perbankan dan e-commerce hingga layanan Internet, semua orang terus bekerja untuk memperluas layanan yang ditawarkan kepada konsumen.

Misalnya, aplikasi perbankan yang sebelumnya hanya menawarkan transfer uang dan layanan berbasis biaya kini menawarkan kemampuan untuk berinvestasi di saham dan reksa dana.

Begitu pula dengan sektor bisnis lainnya. Upaya perusahaan untuk memperluas produk dan layanan yang ditawarkan kepada konsumen merupakan bentuk pengembangan ekosistem bisnis.

Jadi, apa itu ekosistem bisnis? Seorang pakar pemasaran Indonesia dan pendiri forum merek Indonesia Yuswohady mengatakan bahwa ekosistem bisnis adalah jaringan dari dua atau lebih entitas individu atau kelompok/organisasi yang memiliki hubungan untuk menciptakan dan berbagi nilai (produk, produk, atau layanan).

Ekosistem bisnis dinilai penting untuk pengembangan karena dapat meningkatkan daya saing dan meningkatkan penjualan. Selain itu, artikel McKinsey tahun 2021 berjudul “Regulating for the Future: 9 Keys to Becoming a Future-Proof” berpendapat bahwa pola pikir ekosistem bisnis merupakan kriteria penting untuk menjadi perusahaan yang siap di masa depan.

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana mengembangkan ekosistem bisnis.

“Cara terbaik untuk membangun ekosistem adalah dengan bekerja sama,” kata Yusuhadi dalam keterangan tertulis, Selasa (6/9/2022). “Kami menang melalui kerja sama, bukan hanya kompetisi.”

Dia menambahkan bahwa ekosistem bisnis memungkinkan merek untuk mengurangi risiko, tumbuh lebih cepat, dan merespons merchandising produk atau layanan dengan lebih baik.

Yuswohady mengatakan, “IndiHome merupakan salah satu contoh menarik yang dapat dijadikan sebagai best practice untuk kolaborasi brand di Indonesia.

Ia mengatakan kerjasama IndiHome dengan beberapa penyedia layanan premium (OTT) merupakan komitmen perusahaan untuk menyediakan platform konten digital yang beragam yang kini menjadi tuntutan utama di masyarakat.

Baca Juga  Bantah Runtuhnya Jalan Picakayo, Berikut Pernyataan Dinas PUPR:

IndiHome diketahui telah berkolaborasi dengan sejumlah layanan OTT, antara lain UseeTV, HBOGO, Disney+, Vision+, Catchplay, WeTV Iflix, Vidio, Mola, Lionsgate Play, VIU dan Netflix, dan kolaborasi mereka diumumkan pada April 2022. .

Kolaborasi IndiHome ini merupakan yang terbesar, terluas dan terbesar di Indonesia. Dengan semuanya dalam satu platform IndiHome, Anda tidak perlu lagi membeli langganan OTT terpisah, memperluas jendela hiburan bagi pelanggan setia Anda.

Yuswohady menyimpulkan, ”IndiHome tidak hanya menjadi best practice untuk kolaborasi brand di Indonesia, tetapi juga memiliki skor tertinggi terutama untuk kategori kolaborasi produk dan meraih penghargaan Indonesian Brand Forum 2022.”

Baca juga: