Makna Lagu Terbaru Yura Yunita “Jalan Pulang” dan Proses Kreatifnya

Vokalis solo Tanah Air kelahiran Bandung, Yura Yunita, kembali dengan kreasi terbaru “Jalan Pulang”. Bagian lirik di atas telah berseliweran di sosial media semenjak pertama kalinya di-launching pada 19 Januari 2023 kemarin. Video lirik dari soundtrack film Jalan Yang Jauh Tidak boleh Lupa Pulang ini sudah dilihat lebih dari 871 ribu kali di YouTube dan bisa kalian daptakan lagunya di Mp3Juice secara gratis.

 

“Semoga lagu ini dapat menemani perjalanan pulang siapa saja, untuk semuanya rekan-rekan yang telah menanggung berat beban di bahunya saat memburu mimpinya, memburu harapannya. Pada akhirannya kita akan pulang pada jalan dan triknya masing-masing,” ungkapkan si vokalis melalui tayangan jurnalis yang diterima.

 

Yup, sama dengan beberapa karya awalnya, “Jalan Pulang” mempunyai pesan yang ingin dikatakan Yura melalui musik-musiknya. Seperti menyelipkan sebuah lantunan keinginan dan doa, “Jalan Pulang” berasa getarkan hati pendengarnya untuk kembali mengenali ke mana tujuan akhir kita sebagai manusia.

Proses dibalik pembuatan lagu

Bersama Donne Maula, Yura Yunita membuat “Jalan Pulang” yang dilandasi oleh pertimbangan dan memproses rasa paling dalam mereka mengenai arti pulang. Mengumpamakan cara besar yang telah mereka lalui sebetulnya hanya serangkaian cara dari kaki-kaki kecil seorang manusia di bumi ini.

 

“Lagu ini sebetulnya mengenai perjalanan pulangku ke Maha Pembuat. Proses pembikinan lagunya lumayan cepat dan lirik lagu ini terngiang-ngiang saat saya beribadah umroh. Saya didampingi suami dan orang tuaku, jadi rasanya proses pembikinan lagu ini benar-benar hangat,” ungkapkan Yura Yunita.

Baca Juga  Converter Profesional: Cara Convert Lagu MP3 dengan Profesionalisme

 

Disamping itu, ada nama tidak asing yang ikut peran dalam produksi lagu “Jalan Pulang” punya Yura, yakni si produser Iwan Popo yang memproduseri lagu “Tenang”.

Jadi orisinal soundtrack film

Hal baik akan tiba di saat yang akurat. Kreasi musik ini terbentuk di peristiwa yang bersisihan dengan hadirnya peluang dari Angga Dwimas Sasongko untuk membuat orisinal soundtrack untuk kreasi film terkini yang dia sutradarai “Jalan Yang Jauh Tidak boleh Lupa Pulang” (JJJLP). Sebuah film yang diambil dari novel kreasi Marchella FP dan launching pada 2 Februari 2023 kedepan. Si penulis novel mempunyai peranan dalam penulisan lirik lagu “Jalan Pulang”.

“Karena Yura vokalis yang baik dan benar-benar ‘dalam’ jika buat lagu. Disamping itu, Yura dapat sebagai wakil suara wanita, sesuai narasi film ini dan lagunya menafsirkan ide kembali lagi ke diri kita,” papar si produser film, Tersi Eva Ranti berkenaan argumennya pilih Yura Yunita.

 Ide video clip

Merilis dari Instagram sah Yura Yunita, pada 11 Januari 2023 lalu, dia sebelumnya sempat mengupload ajakan untuk ikut dalam pembikinan video kreasinya yang terkini. Untuk yang tertarik dipersilakan untuk mengirim video bertopik ‘Pulang’ dengan durasi waktu tidak lebih dari 30 detik.

Kelompok rekaman memory mengenai macam arti pulang akan dirangkai jadi sebuah video untuk di-launching di bulan Februari kedepan. Diteruskan di bulan Maret gagasannya akan datang video musik yang hendak menghanyutkan kita ke arti paling dalam mengenai rumah sebagai arah akhir yang kita mencari.

Lirik lagu “Jalan Jauh”

Jalan yang jauh janganlah lupa pulang

Pesan pesan yang sering kali terngiang

Ku terbang jauh, kemas tidak berbilang

Baca Juga  Sudahkah Anda Tahu? Cara Terbaik untuk Download MP3 di 2023

Lalui awan dan angkasa tidak berbayang

 

Mencari cari

Untuk isi

Lengkung hampa yang ingin terobati

Tetaplah terus jalan jalan

 

Kaki imutku yang tetap meredam beban

Tetaplah terus jalan jalan

Sesaat lagi ku akan tiba di tujuan

Jalan yang jauh janganlah lupa

 

Pulang haaaaaaa

Tetaplah terus jalan jalan

Kaki imutku yang tetap meredam beban

 

Tetaplah terus jalan jalan

sesaat lagi ku akan tiba di tujuan

Lama ku kelak

Damai di diri

 

Kangenin jelas, kangenin cinta sejati

Getar di hati

Berjumpa kembali

Rumah ku pulang tenyata ada di sini

 

Siapa nih yang menangis waktu pertama kalinya dengar lagu ini? Tunggu serangkaian video “Jalan Pulang” di saluran YouTube Yura Yunita, ya!