Meta Ditemukan Telah Diberhentikan, Dan Ratusan Karyawan Terpengaruh

Meta Ditemukan Telah Diberhentikan, Dan Ratusan Karyawan Terpengaruh

Perusahaan induk Facebook, Meta, dikabarkan telah membatalkan kontraknya dengan ABM Industries, penyedia fasilitas manajemen atau penyedia outsourcing sejenis. Akibatnya, ratusan karyawan ABM di kantor pusat Meta terkena PHK.

Meta memberi tahu ABM tentang pemutusan kontrak kerja sama pada pertengahan Juni. Namun, Meta tidak menjelaskan alasan pemutusan kontrak dengan ABM.

Menurut informasi dokumen yang diserahkan ke Departemen Ketenagakerjaan dan Pengembangan California, PHK ratusan karyawan Meta mulai berlaku 25 Juli 2022.

Menurut surat 1 Juli yang dikirim ke manajemen oleh Direktur Sumber Daya Manusia ABM, PHK tersebut berdampak pada 368 karyawan ABM yang dipekerjakan di 1 Hacker Way di Menlo Park, California. Situs web ini adalah alamat dari markas meta.

Di antara karyawan yang terkena PHK adalah seorang wanita pembersih dan seorang manajer kafe, 10 supervisor dan 7 manajer.

Meta diketahui telah merekrut vendor lain sebagai pengganti. Tapi ABM tidak tahu detailnya dengan baik.

Dalam pernyataan tertulis yang mengutip KompasTekno dari CNBC, seorang pejabat ABM mengatakan dalam sebuah pernyataan tertulis: “Sementara pemasok baru Meta yang direkrut dapat mengisi sebagian atau seluruhnya posisi (mereka yang terkena PHK), ABM tidak mengetahui rencana perekrutan pemasok. ” dia berkata. Kamis (14/7). / 2022).

Seorang pejabat Facebook juga mengatakan perusahaan berencana untuk mengganti penjual dengan perusahaan lain. Namun, perusahaan tidak mengungkapkan berapa banyak karyawan yang akan direkrut Meta untuk menggantikan SDM ABM yang terkena PHK.

Menurut CNBC, PHK itu terjadi karena aktivitas periklanan online Facebook melambat karena meningkatnya inflasi di AS, perang di Ukraina, dan perubahan terkait privasi di iOS. Akibat masalah ini, Meta mengumumkan pada awal Mei bahwa pihaknya menunda perekrutan karena penjualan perusahaan diperkirakan akan menurun pada kuartal kedua tahun 2022.

Baca Juga  NGL Link Tembus 15 Juta Unduhan, Sebagian Besar Di Indonesia

ABM sendiri merupakan vendor yang digunakan oleh Meta, Google dan Adobe. Menurut laporan pendapatan Desember 2021, ABM mempekerjakan 100.000 orang, termasuk mereka yang bekerja untuk tiga perusahaan teknologi.

Menurut ABM, tiga pelanggan terbesar membuat perusahaan semakin besar.

Microsoft memecat karyawan

Baru-baru ini, telah dilaporkan bahwa Microsoft telah memberhentikan kurang dari 1% dari total tenaga kerja perusahaan. Keputusan ini mempengaruhi sekitar 1.800 karyawan, dengan total 180.000 karyawan di Microsoft.

PHK ini terjadi karena Microsoft melakukan penyesuaian dari sisi bisnis dan sumber daya manusia untuk mempersiapkan tahun anggaran baru.

Seperti yang dikatakan Microsoft, “ada banyak pemindahan peran. Seperti halnya semua perusahaan, kami secara teratur mengevaluasi prioritas bisnis kami dan membuat restrukturisasi yang sesuai.”

Perusahaan yang didirikan oleh Bill Gates itu mengatakan, PHK tersebut bukan karena kondisi ekonomi global yang memburuk. PHK kali ini karena Microsoft melakukan penyesuaian untuk memasuki tahun anggaran baru.

Selain Microsoft dan Meta, banyak perusahaan teknologi telah memutuskan untuk memberhentikan karyawan mereka. Contohnya termasuk Netflix, yang mem-PHK 30 karyawan, dan Twitter Tesla, yang dilaporkan mem-PHK 200 karyawan (dengan 100 karyawan).