Sony Melaporkan Bahwa Konsol PS5-nya Telah Terjual 25 Juta Unit

Sony melaporkan sekitar 25 juta konsol game PlayStation 5 (PS5) telah terjual di seluruh dunia hingga saat ini.

Dalam laporan pendapatan terbarunya, perusahaan mengatakan konsol gamenya terjual hingga 3,3 juta unit pada kuartal ketiga 2022.

Angka untuk kuartal ini, dikutip Engadget, Senin, 11 Juli 2022, berbeda jauh dengan angka yang dibutuhkan untuk memenuhi target penjualan 18 juta unit untuk tahun fiskal 2022.

Seperti diberitakan, penjualan di pertengahan tahun anggaran (akhir 31 Maret) kini 5,7 juta, hampir sama dengan 2021 yang sekarang (5,6 juta).

Meskipun jumlah konsol PS5 yang terjual sama, penjualan dilaporkan meningkat 12% dari tahun ke tahun menjadi 727 miliar yen (sekitar 77 triliun rupiah). Sebagian berkat kenaikan harga PS5 awal tahun ini.

Namun, akuisisi Bungie oleh Sony baru-baru ini melihat penurunan laba perusahaan sebesar 49%, sehingga menaikkan biaya pengembang game.

Pada tahun 2021, Sony dikabarkan telah menjual 11,5 juta konsol. Jadi, penjualan di tahun 2022 tidak akan jauh berbeda.

Namun, ini juga tergantung pada ketersediaan update penjualan dan produksi selama liburan menurut bkpsdmd-meranginkab.id konsol ini telah mengalami masalah ini sejak diluncurkan karena pandemi dan berbagai faktor lainnya.

Kembali pada bulan Mei, Sony mengklaim akhirnya dapat meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan PS5 karena masalah rantai pasokan mereda.

Di sisi lain, penjualan software dan software turun menjadi 62,5 juta unit dari 76,4 juta unit tahun lalu. Unduhan digital menyumbang 63% dari itu, naik sedikit dari tahun lalu.

Sementara itu, pelanggan PlayStation Plus mengalami penurunan selama dua kuartal berturut-turut.

PS5 sendiri pertama kali dirilis pada 12 November 2020 di Australia, Jepang, Selandia Baru, Amerika Utara dan Korea Selatan, dan tak lama kemudian di seluruh dunia.

Baca Juga  Berikut Adalah Spesifikasi PC Untuk Bamali: Indonesia Folklore Horror

Di Indonesia, pre-order PS5 dimulai pada 18 Desember 2020, PS5 versi digital dijual Rp7,3 juta dan PS5 dengan Ultra HD Blu-ray Disc dibanderol Rp8,8 juta.

Sementara itu, salah satu game yang paling ditunggu-tunggu di konsol PlayStation, God of War Ragnarok, akan segera hadir.

God of War Ragnarok dijadwalkan rilis pada 9 November 2022. Game ini nantinya akan dirilis di PS4 dan PS5.

Sony sendiri merilis trailer pertama untuk game ini tidak lama kemudian. Trailer ini menunjukkan kelanjutan perjalanan Kratos dan putranya Atreus untuk menjelajahi kisah-kisah mitologi Nordik.

Salah satu adegan dalam trailer ini adalah saat Kratos memberikan pelajaran kepada Atreus tentang apa artinya menentang takdir yang harus mereka jalani.

Dalam trailer tersebut juga muncul karakter Atreus yang memiliki rahasianya sendiri, dan ia harus membangun hubungan saling percaya yang lebih dalam dengan ayahnya.

Studio Sony Santa Monica juga dikenal sangat setia dengan referensi Ragnarok asli. Hal ini ditunjukkan dalam trailer ini dengan kemunculan monster, dewa, dan peristiwa yang terkait langsung dengan peristiwa Ragnarok.

Sony juga memamerkan beberapa mekanisme gameplay yang akan muncul di dalam game, seperti jurus Kratos menggunakan pedang apinya untuk menghancurkan musuh atau mengobrak-abrik area sekitar.

Permainan berlangsung tiga tahun setelah peristiwa game God of War sebelumnya. Dalam cerita ini, Kratos dan Atreus kini sudah remaja dan bertemu dengan dewa-dewa Norse yang terkenal seperti Thor dan Freya.