Berikut Cara Mengaktifkan Kunci Sidik Jari Terbaru Di Whatsapp

Aplikasi perpesanan WhatsApp akhirnya merilis fitur terbarunya: Fingerprint Lock. Fitur ini sebelumnya dirilis dalam fase beta dan saat ini stabil untuk versi Whatsapp terbaru untuk mendukung fitur ini.

Fitur keamanan baru ini memungkinkan Anda untuk membuka kunci Whatsapp hanya dengan sentuhan jari di depan layar. Cara ini bukan hanya lebih aman, tapi pasti lebih praktis daripada harus memasukkan PIN seperti di aplikasi pengunci lainnya.

Hanya untuk ponsel dengan pemindai sidik jari

Seperti namanya, fitur ini tentu saja hanya tersedia untuk pengguna ponsel dengan kemampuan pemindai sidik jari. Tentu saja fitur ini tidak menjadi masalah karena tidak hanya terdapat di ponsel flagship, tetapi diadopsi dari ponsel mid-to-low-end hingga ponsel entry-level.

penasaran? Berikut cara mengaktifkan kunci sidik jari (fingerprint) Whatsapp :

1. Perbarui Aplikasi Whatsapp

Untuk mengakses fitur kunci sidik jari Whatsapp ini, Anda harus terlebih dahulu memperbarui versi aplikasi Anda.

Versi terbaru Whatsapp yang sudah mendukung fitur ini adalah 2.19.308.

Baca juga: WhatsApp menawarkan layanan berbayar melalui iklan di halaman statusnya.

2. Buka menu informasi pribadi

Di aplikasi Whatsapp di ponsel Anda, buka menu pengaturan di sudut kanan atas. Kemudian masuk ke menu akun Anda. Kemudian klik menu Privasi.

3. Klik menu Kunci Sidik Jari

Sebelumnya, Anda dapat menggulir daftar di menu Privasi. Jika ponsel Anda memiliki fitur pemindai sidik jari, Anda dapat menemukan opsi kunci sidik jari di bagian bawah.

Baca Juga:

4. Pengaturan Kunci Sidik Jari Whatsapp

Pada pengaturan pertama, pilih tombol radio ON untuk opsi buka kunci sidik jari.

Pengaturan kedua adalah mengunci secara otomatis. Anda memiliki tiga opsi di sini. Setelah 1 menit dan setelah 30 menit. Jika Anda memilih Instan, aplikasi akan langsung terkunci begitu Anda menutup Whatsapp dan dapat dibuka kuncinya dengan sidik jari Anda.

Baca Juga  5 Keunggulan Apple Music Sebagai Aplikasi Streaming

5. Tampilkan konten dalam notifikasi

Jika Anda menginginkan perlindungan penuh, Anda dapat menonaktifkan fitur ini. Di sisi lain, jika Anda mengaktifkannya, Whatsapp akan tetap memberikan notifikasi pop-up yang dapat dibaca oleh orang lain selain Anda.

Pesan akan tetap muncul di notifikasi untuk pengguna yang mengaktifkan balasan cepat untuk direkam. Selain itu, untuk panggilan Whatsapp atau obrolan video, pengguna dapat menjawab panggilan secara langsung tanpa membuka Whatsapp dengan sidik jari mereka.

Tingkatkan keamanan ponsel Anda dengan App Lock

Secara pribadi, mengunci semua aplikasi kecuali ponsel adalah opsi yang membuat kita lebih aman. Saya selalu berpikir bahwa segala sesuatu adalah hadiah dari Tuhan. Jadi bukan tidak mungkin seorang pencuri ponsel saya dicuri atau tidak sengaja tertinggal di meja makan.

Jadi, sebagai perlindungan tambahan, aplikasi dengan data sensitif pasti akan mendapatkan kembali kata sandi Anda.

Aplikasi Pesan, Kontak, Galeri, dan Email, serta aplikasi yang menyertakan dompet elektronik, harus menerima perlindungan tambahan. Alasannya ya. Itu karena orang lain yang tidak memiliki akses ke data pribadi saya berpikir sulit untuk setidaknya membukanya, bahkan jika itu mudah diretas.

Kunci aplikasi pihak ketiga

Jika ponsel Anda tidak menawarkan fitur AppLock bawaan atau bahkan pemindai sidik jari untuk mengunci Whatsapp. Masih ada alternatif dengan App Lock yang bisa Anda dapatkan dari Google Play Store atau App Store.

Anda dapat mengunduh AppLock terbaik seperti AppLock dari Do Mobile Lab, SpSoft, IvyMobile, Cleaner & Boo, BGNmobi, Perfect AppLock, Norton App Lock.

Sekarang, setelah Anda tahu cara mengaktifkan kunci sidik jari di Whatsapp, data Anda cukup aman.