Tiga Fitur Spotify Baru Membuat Streaming Musik Semakin Menyenangkan

Spotify semakin mengambil alih layanan streaming musik berlangganan di Indonesia maupun luar negeri. Menurut data Statista, Spotify memiliki 40 juta pelanggan berbayar pada September 2016, meningkat signifikan dari 60 juta pada Juni 2017.

Sebagai salah satu layanan streaming musik yang paling disukai, Spotify telah merilis sejumlah pembaruan fitur dan perubahan visual baik di situs web maupun versi aplikasinya. Belum lama ini, Spotify merilis fitur Wrapped Playlist yang memungkinkan Anda untuk menampilkan aktivitas musik Anda selama setahun terakhir, dan sebelum tahun 2018, Spotify menyiapkan pembaruan lain untuk membuat pengalaman streaming musik Anda semakin menyenangkan.

tidak ada? Berikut adalah tiga fitur baru dari aplikasi Spotify:

1. Ada 5 tab untuk dijelajahi, tetapi sekarang hanya ada 3 tab.

Tampilan baru (kiri) dan tampilan lama (kanan)

Mereka yang akrab dengan aplikasi Spotify harus tahu bahwa ada lima tab navigasi yang diatur ke dalam Beranda, Jelajahi, Cari, Radio, dan Perpustakaan. Pada 2018, Spotify merencanakan pembaruan visual dalam antarmuka navigasi yang lebih sederhana hanya dengan tiga ketukan.

Konten yang semula ada di tab ‘Jelajahi dan Radio’, diatur menurut Daftar Putar, Beranda, dan Penelusuran, kini dapat ditemukan di Beranda, sedangkan daftar putar dan album ‘Suka’ dipindahkan ke tab ‘Daftar Putar’.

2. Antarmuka “Jalankan Sekarang” yang baru dan sederhana

Tampilan baru (kiri) dan tampilan lama (kanan)

Tampaknya tim pengembang Spotify terus bereksperimen dengan aspek antarmuka aplikasi Spotify. Pada gambar di atas, Anda dapat melihat tampilan antarmuka di layar musik yang sedang diputar, menampilkan sampul album yang lebih besar dan item area datar yang lebih kecil dibandingkan dengan versi sebelumnya.

3. Tampilan sederhana dari rekomendasi daftar putar dan hasil pencarian

Baca Juga  Cara Mengunci Akun TikTok Anda Sehingga Tidak Ada Yang Bisa Melihatnya

Baca Juga:

Pada versi sebelumnya, Anda dapat menemukan playlist dan album unggulan yang sesuai dengan selera musik Anda di tab Beranda atau tab Telusuri. Menerapkan ketiga tab navigasi ini menempatkan kedua fungsi pada satu halaman yang disebut tab Pencarian. Anda juga akan melihat bahwa hasil pencarian berubah secara visual saat sampul album menjadi lebih lebar dari sebelumnya.

Ketiga fitur ini diharapkan dapat meningkatkan pengalaman streaming musik Spotify Anda. Nah, jika Anda seorang pecandu Spotify, Anda juga harus mengetahui beberapa fitur dasar Spotify yang dapat Anda lihat di bawah ini.

Rekomendasikan lagu sesuai genre dan mood

Anda juga dapat mencari lagu berdasarkan genre atau suasana hati jika Anda sedang dalam suasana hati yang buruk atau ingin mendengarkan jenis lagu yang berbeda dari yang biasanya Anda dengarkan. Anda dapat mendengarkan berbagai genre dari pop, indie, akustik, dan rock.

Fungsi putar otomatis untuk pecinta olahraga, streaming lagu bahkan offline

Fitur auto-run sangat cocok untuk mereka yang suka berlari. Saat berjalan, Spotify memainkan musik non-stop yang dapat Anda dengarkan tanpa harus mengklik satu grup musik dalam satu waktu.

Streaming offline juga tersedia dari Spotify bagi yang ingin mengatasi keterbatasan koneksi data dan kuota. Streaming lagu secara online membutuhkan data internet yang cukup besar. Jadi Spotify juga memberi Anda opsi untuk mengunduh lagu favorit Anda untuk didengarkan secara offline.

Saat ketiga pembaruan ini diluncurkan ke lebih banyak pengguna, beberapa fitur ini pasti akan menjadi lebih menarik.